Spotdokter

Health Today

Kenapa Saya Sering Mengantuk?

Mengantuk

Pernahkah anda mengalami gejala 3L, Lemah, Letih, Lesu? Selalu ngantuk, kurang bersemangat, pucat, gampang lelah? Waspadalah karena anda mungkin sedang mengalami anemia. Anemia merupakan penyakit kekurangan sel darah merah atau hemoglobin atau keduanya, sehingga kemampuan darah mengangkut oksigen berkurang.

Ada bermacam-macam anemia, namun yang paling sering dijumpai di negara berkembang adalah anemia defisiensi besi, yaitu anemia yang disebabkan oleh kurangnya persediaan besi untuk pembentukan sel darah merah dan hemoglobin.

Menurut penelitian Martoatmojo et al, kejadian anemia defisiensi besi di Indonesia ternyata cukup tinggi, yaitu 16-50% pada laki-laki, 25-84% pada perempuan tidak hamil, dan 46-92% pada perempuan hamil. Yang beresiko mengalami anemia defisiensi besi antara lain:

  1. Wanita menstruasi
  2. Wanita menyusui/hamil karena peningkatan kebutuhan zat besi
  3. Bayi, anak-anak dan remaja yang merupakan masa pertumbuhan yang cepat
  4. Orang yang kurang makan makanan yang mengandung zat besi, jarang makan daging dan telur selama bertahun-tahun.
  5. Menderita penyakit maag.
  6. Penggunaan aspirin jangka panjang
  7. Kanker kolon
  8. Vegetarian karena tidak makan daging, akan tetapi dapat digantikan dengan brokoli dan bayam.

Anemia defisiensi besi secara umum dapat disebabkan oleh kekurangan asupan besi, gangguan penyerapan besi, serta kehilangan besi akibat penyakit tertentu. Penyebab spesifik yang terkait dengan 3 proses diatas adalah:

  1. Perdarahan menahun misalnya tukak lambung, menstruasi banyak, perdarahan dalam saluran kencing, batuk darah, infeksi cacing tambang
  2. Kurangnya jumlah besi dalam makanan
  3. Peningkatan kebutuhan besi yang tidak sesuai dengan asupan, misalnya pada kehamilan
  4. Gangguan penyerapan besi pada saluran pencernaan.

Selain gejala-gejala yang disebutkan di atas, gejala lain yang khas muncul pada anemia defisiensi besi antara lain kuku seperti sendok (koilonychia), permukaan lidah menjadi halus, peradangan sekitar bibir, dan adanya Pica yaitu keinginan untuk memakan tanah. Lebih lanjut, gejala-gejala yang susuai dengan penyakit yang mendasarinya juga akan muncul, seperti infeksi cacing tambang akan muncul gejala sakit maag, atau BAB darah yang dapat terjadi pada kanker kolon.

Jika anda adalah termasuk dalam orang yang beresiko mengalami anemia atau anda sedang mengalami gejala-gejala di atas, jangan dianggap sepele, segeralah memeriksakan diri ke dokter. Dokter akan memberikan suplemen besi oral dan mengobati penyebab anemia anda. Selain itu makanlah makanan yang banyak mengandung zat besi seperti sapi, ayam, ikan, kacang-kacangan, kentang, bayam, tahu, buah-buahan, roti gandum, dan sebagainya. Sangat dianjurkan untuk mengurangi kebiasaan minum teh sesaat dan setelah makan karena kandungan tannic acid pada teh dapat menghambat penyerapan zat besi dalam makanan yang kita konsumsi.

Tagged ,

Share berita ini

About dr. Purwati Pole Rio

You can set author biographical information inside WordPress Users > Your Profile > About Yourself section. Once you fill this information, the author profile will be available for display on theme. You can also associate your email address with Gravatar, so that your avatar appears here.

View all posts by dr. Purwati Pole Rio →

Related Posts

Download free SPOTDOKTER APP!
Twitter @SPOTDOKTER
Newsletter

Aplikasi ponsel yg memberikan informasi tentang pelayanan dan artikel kesehatan terlengkap di Indonesia. Download di spotdokter.com/app