Spotdokter

Health Today

Nyeri Di Perut Kanan Bawah Belum Tentu Usus Buntu

stomach-ache

Sebagian besar masyarakat banyak yang mengetahui bahwa jika tiba-tiba terserang rasa nyeri di perut kanan bawah merupakan gejala dari serangan akut usus buntu atau appendicitis. Tetapi jika anda seorang wanita, dan melakukan hubungan seksual secara aktif, maka anda harus waspada jika mengalami rasa nyeri di bagian tersebut. Bisa saja kejadian itu bukan merupakan gejala dari usus buntu, melainkan gejala dari kehamilan ektopik atau biasa dikenal di masyarakat awam sebagai kehamilan di luar rahim.

Kehamilan ektopik merupakan salah satu masalah kehamilan yang sering dijumpai. Angka kejadiannya sangat tinggi. Terutama kehamilan ektopik yang terjadi di saluran tuba. Menurut National Hospital Ambulatory Medical Care Survey (NHAMCS) angka kejadian dari kehamilan di luar kandungan ini dari tahun ke tahun semakin meningkat. Banyak hal yang menyebabkan terjadinya penyakit ini, menurut American College of Obstetricians and Gynecologist (1998), radang panggul yang terjadi sebelumnya terutama yang disebabkan oleh infeksi klamidia merupakan penyebab paling lazim.

Karena memiliki gejala yang sangat mirip dengan usus buntu jika kehamilan ektopik-nya terjadi di saluran tuba sebelah kanan, maka sering terjadi kesalahan diagnosis yang bisa berakibat fatal pada pasien. Tetapi anda bisa mencurigai bahwa nyeri yang anda rasakan ini merupakan kehamilan diluar kandungan dan bukan usus buntu jika ada hal-hal sebagai berikut:

Tidak ada demam
Pada usus buntu serangan akut, selalu bersamaan dengan demam tinggi sebagai kompensasi tubuh terhadap infeksi yang di alami. Sedangkan pada kehamilan ektopik tidak terjadi demam.

Sempat tidak menstruasi
Sama seperti kehamilan yang normal, kehamilan di luar kandungan mengakibatkan anda tidak mendapat tamu bulanan. Oleh karena itu jika anda tiba-tiba merasa nyeri di perut kanan bawah dan sempat tidak mendapat menstruasi teratur, maka ada kemungkinan gejala ini bukan karena usus buntu.

Tes kehamilan positif
Kehamilan ektopik juga akan memberikan hasil positif pada tes kehamilan.
Jika anda mendapat gejala sangat nyeri yang mendadak di perut kanan bawah dan anda mengalami hal-hal seperti di atas, maka jangan ragu-ragu untuk segera ke Rumah Sakit. Karena kehamilan di luar kandungan merupakan keadaan gawat dan mengancam jiwa.

Tagged , ,

Share berita ini

About dr. Sidharta Krisna

You can set author biographical information inside WordPress Users > Your Profile > About Yourself section. Once you fill this information, the author profile will be available for display on theme. You can also associate your email address with Gravatar, so that your avatar appears here.

View all posts by dr. Sidharta Krisna →

Related Posts

Download free SPOTDOKTER APP!
Twitter @SPOTDOKTER
Newsletter

Aplikasi ponsel yg memberikan informasi tentang pelayanan dan artikel kesehatan terlengkap di Indonesia. Download di spotdokter.com/app