Spotdokter

Health Today

Kencing Menetes? Mungkin Anda Terkena Prostat

prostat-bengkak

Apakah kencing anda menetes setiap kali buang air kecil? Waspadai hal ini jika terjadi terus menerus setiap kencing dan semakin lama semakin mengecil pancaran. Apalagi jika anda berusia di atas 40 tahun dan kencing menetes tersebut disertai dengan mengejan keras sebelum kencing, sering kencing di malam hari, merasa nyeri saat kencing dan kencing serasa tidak tuntas. Bisa jadi anda terkena penyakit pembesaran prostat jinak atau yang biasa dalam bahasa medis disebut BPH (Benign Prostat Hiperplasia)

Menurut ikatan ahli Urologi Indonesia, BPH dialami oleh sekitar 70% pria di atas 60 tahun, dan akan meningkat menjadi 90% saat usai diatas 80 tahun. Menurut gambaran Hospital prevalence di dua rumah sakit RSCM dan Sumberwaras Jakarta selama rentang waktu 3 tahun (1994-1997) terdapat 1040 kasus BPH yang ditangani di dua rumah sakit tersebut.

Prostat adalah salah satu organ genitalia pria yang terletak dibawah kandung kemih, dan membungkus urethra (saluran kencing) di bawah kandung kencing. Perbesaran prostat pada pria dipengaruhi oleh hormon testosteron yang memang diproduksi dalam jumlah banyak oleh semua laki-laki normal. Bila prostat mengalami pembesaran, maka akan mempersempit atau bahkan menutup saluran kencing, sehingga air kencing yang seharusnya dikeluarkan dengan lancar dan mudah harus dikeluarkan dengan mengejan keras, merasa nyeri dan pancarannya jadi menetes saja. Selain itu karena sulitnya air kencing keluar, maka mengakibatkan ada air kencing tertampung di kandung kemih yang semakin lama semakin banyak dan bisa sampai merendam ginjal yang bisa mengakibatkan gagal ginjal.

Maka jangan pernah menganggap sepele jika anda mengalami gejala-gejala perbesaran prostat jinak seperti kencing menetes dll, segera periksakan kondisi anda kepada dokter ahli urologi. Karena jika terlambat, akan mengakibatkan banyak komplikasi mulai dari infeksi dan kerusakan kandung kencing sampai gagal ginjal.

Tagged , , , , ,

Share berita ini

About dr. Sidharta Krisna

You can set author biographical information inside WordPress Users > Your Profile > About Yourself section. Once you fill this information, the author profile will be available for display on theme. You can also associate your email address with Gravatar, so that your avatar appears here.

View all posts by dr. Sidharta Krisna →

Related Posts

Download free SPOTDOKTER APP!
Twitter @SPOTDOKTER
Newsletter

Aplikasi ponsel yg memberikan informasi tentang pelayanan dan artikel kesehatan terlengkap di Indonesia. Download di spotdokter.com/app