Spotdokter

Featured

Waspadai Nyeri Mendadak Pada Buah Zakar

zakar

Terkadang kita sering mengacuhkan rasa nyeri pada tubuh kita, walaupun nyeri itu sangat menyakitkan. Tetapi jangan pernah anda menyepelekan rasa nyeri mendadak yang sangat anda rasakan di buah zakar anda. Karena mungkin itu adalah tanda dan gejala dari terjadinya torsio testis.

Torsio testis adalah terpuntirnya funikulus spermatikus yang terdiri dari vas deferens atau saluran sperma, pembuluh darah arteri spermatica dan plexus pampiniform, pembuluh limfe dan saraf. Karena terjadinya puntiran tersebut maka aliran darah yang masuk dan keluar untuk memperdarahi testis tidak lancer atau bahkan terhenti. Hal ini menyebabkan sel-sel di testis menjadi kekurangan pasokan oksigen hingga menjadi rusak dan mati
Keadaan ini diderita oleh 1 diantara 4000 pria yang berumur kurang dari 25 tahun, dan paling banyak diderita oleh anak pada usia pubertas 12-18 tahun. Banyak faktor yang bisa menyebabkan terjadinya torsio testis, antara lain perubahan suhu yang mendadak (berenang), latihan yang berlebihan, penggunaan celana yang terlalu ketat dan trauma yang mengenai buah zakar.

Gejala yang ada pada torsio testis adalah nyeri yang hebat di kantung pelir yang sifatnya mendadak dan diikuti pembengkakan pada buah zakar. Nyeri yang menjalar ke selangkangan dan perut bawah sering disalah artikan sebagai gejala usus buntu. Tetapi rasa nyeri pada torsio testis tidak diikuti demam, hal ini yang membedakan torsio testis dengan adanya infeksi pada buah zakar.

Oleh karena itu, waspadalah apabila anda mengalami gejala-gejala seperti di atas. Segera periksakan ke dokter ahli urologi, karena anda mempunyai periode emas selama 6 jam, lewat dari waktu tersebut maka buah zakar anda sudah rusak dan tidak bisa diselamatkan lagi.

Tagged , ,

Share berita ini

About dr. Sidharta Krisna

You can set author biographical information inside WordPress Users > Your Profile > About Yourself section. Once you fill this information, the author profile will be available for display on theme. You can also associate your email address with Gravatar, so that your avatar appears here.

View all posts by dr. Sidharta Krisna →

Related Posts

Download free SPOTDOKTER APP!
Twitter @SPOTDOKTER
Newsletter

Aplikasi ponsel yg memberikan informasi tentang pelayanan dan artikel kesehatan terlengkap di Indonesia. Download di spotdokter.com/app