Spotdokter

Featured

Steroid si Obat Dewa

steroid obat dewa

Pada saat ini banyak wanita yang selalu ingin tampil cantik. Karenanya banyak diantara mereka yang yang menggunakan kosmetik yang pemutih dan penghilang jerawat untuk mempercantik dirinya. Akan tetapi kebanyakan dari mereka tidak mengetahui bahwa diantara kosmetik tersebut banyak yang menggunakan kortikosteroid bahkan dengan dosis yang tidak terkontrol. Karena banyak yang percaya dengan penggunaan kortikosteroid yang banyak pada kosmetik maka akan semakin ampuh untuk memutihkan dan menghilangkan jerawat dalam waktu singkat. Sehingga banyak yang menganggap bahwa kortikosteroid adalah obat dewa dalam dunia kosmetik. Namun sayangnya kebanyakan dari para konsumen dan produsen produk kecantikan tersebut tidak mengetahui efek samping dari penggunaan kortikosteroid yang berlebihan dan dalam waktu yang lama.

Kortikosteroid merupakan hormone yang yang disintesis dari korteks adrenal yang berasal dari kolesterol. Hormone ini sebenarnya mengacu pada glukokortikoid dan mineralokortikoid, namun dalam penggunaan sehari-hari lebih banyak mengacu pada glukortikoid saja. Fungsi asli hormone ini adalah sebagai anti inflamasi dan proses glukoneogenesis. Efek anti inflamasi ini yang dimanfaatkan dalam kosmetik sebagai pencegah terjadinya jerawat. Namun sebenarnya obat ini mempunyai efek samping yaitu penurunan sisten imun dan hambatan proliferasi lapisan epidermis kulit, sehingga kulit yang diberi kosmetik yang mengandung kortikosteroid tampak lebih halus dan putih. Padahal epidermis sangat berguna untuk menangkal radikal bebas dan kuman dari lingkungan.

Pada orang yang sudah terbiasa memakai kosmetik yang mengandung kortikosteroid dalam jumlah tinggi dan jangka waktu yang lama, kulitnya akan terlihat tipis, mengkilat dan tampak pembuluh darah halus. Penghentian penggunaan kosmetik yang mengandung kortikosteroid secara tiba-tiba akan menimbulkan efek timbulnya jerawat yang semakin parah dan harus diobati dengan kandungan yang lebih tinggi dari sebelumnya.

Jadi jika anda mempunyai masalah jerawat, janganlah anda sembarangan memakai kosmetik yang tidak diketahui kandungannya. Lebih baik anda segera berobat ke dokter spesialis kulit  untuk mendapatkan penanganan yang baik. Selain itu kita harus bersyukur atas pemberian tuhan kepada kita, ingat cantik tidak harus putih, dan putih tidak mesti cantik. Karena kulit yang cantik adalah kulit yang bersih dan terawat secara alami serta bagaimana pribadi tersebut menunjukkan kecantikannya.

Tagged , ,

Share berita ini

About dr. Sidharta Krisna

You can set author biographical information inside WordPress Users > Your Profile > About Yourself section. Once you fill this information, the author profile will be available for display on theme. You can also associate your email address with Gravatar, so that your avatar appears here.

View all posts by dr. Sidharta Krisna →

Related Posts

Download free SPOTDOKTER APP!
Twitter @SPOTDOKTER
Newsletter

Aplikasi ponsel yg memberikan informasi tentang pelayanan dan artikel kesehatan terlengkap di Indonesia. Download di spotdokter.com/app