Spotdokter

Health Today

Apa itu Hemorrhoid?

apa itu hemorrhoid?

Mungkin banyak di antara pembaca yang asing akan istilah ini. Ya tentu saja, karena hemorrhoid merupakan istilah medis dari yang kita kenal sebagai wasir atau ambeien. Penasaran sama hemorrhoid? Yuk kita telusuri lebih dalam tentang hemorrhoid!

Jadi apa sih sebenarnya hemorrhoid itu?

Hemorrhoid adalah suatu keadaan yang disebabkan oleh pelebaran pembuluh darah vena di bagian bawah dari saluran cerna, yaitu rektum dan anus (dubur). Keadaan ini terjadi akibat peningkatan tekanan di daerah tersebut. Hemorrhoid sangat umum kita temukan di masyarakat dan meningkat angka kejadiannya pada umur 50 tahun ke atas.

Hemorrhoid dapat terjadi pada 2 tempat, yaitu :

  1. Hemorrhoid interna : Pelebaran pembuluh darah vena terjadi di bagian yang lebih dalam. Pada daerah ini tidak terdapat banyak saraf nyeri, sehingga biasanya penderita tidak merasa nyeri. Gejala yang lebih sering adalah BAB yang berdarah segar. Walaupun lokasinya yang ada di dalam, hemorrhoid interna dapat membesar dan keluar dari lubang anus dan dapat teraba seperti daging. Hemorrhoid yang keluar ini dapat didorong masuk lagi pada awalnya, namun jika semakin parah akan semakin sulit untuk mendorongnya ke dalam.
  2. Hemorrhoid eksterna : Pelebaran pembuluh darah vena terjadi di bagian luar. Biasanya pasien mengeluh rasa gatal dan nyeri.

Apa penyebab hemorrhoid?

Seperti yang telah disebutkan di atas, penyebab hemorrhoid adalah peningkatan tekanan. Jadi, kondisi yang dapat menyebabkan terjadinya hemorrhoid adalah :

  1. Sering dan terlalu kuat mengedan
  2. Diare dan konstipasi yang menahun
  3. Kehamilan. Rahim yang membesar dapat menekan daerah rektum dan anus sehingga menyebabkan hemorrhoid.
  4. Persalinan. Pada saat persalinan, ibu akan berusaha mengejan sekuat tenaga untuk membantu melahirkan bayi, sehingga akan meningkatkan tekanan dan menyebabkan hemorrhoid.
  5. Kegemukan dan obesitas
  6. Penyakit jantung
  7. Penyakit hati
  8. Faktor keturunan
  9. Faktor usia
  10. Faktor gizi. Makanan kurang serat.
  11. Tumor atau kanker
Bagaimana pencegahan hemorrhoid?

Berikut adalah tips mencegah hemorrhoid :

  1. Jangan terlalu sering dan terlalu kuat mengedan
  2. Banyak makan makanan yang tinggi serat. Perbanyak sayur dan buah.
  3. Jangan suka menunda-nunda BAB
  4. Cukup minum
  5. Olahraga teratur

Bagaimana pengobatan hemorrhoid?

Yang perlu anda lakukan pertama adalah konsultasi ke dokter. Dokter akan melakukan anamnesis keluhan dan riwayat medis anda, lalu akan melakukan pemeriksaa fisik. Jika dibutuhkan, dokter akan melakukan pemeriksaan dubur atau pemeriksaan anokopi/colonoskopi untuk memastikan diagnosis. Dapat pula dilakukan pemeriksaan lain sesuai kebutuhan dokter.

Setelah dilakukan pemeriksaan, selanjutnya adalah pengobatan. Pengobatan hemorrhoid dapat dilakukan dengan 2 cara, yaitu tanpa operasi atau dengan operasi.

Pengobatan tanpa operasi ditujukan lebih untuk menghilangkan gejala, yaitu dengan makan tinggi serat, banyak minum, olahraga teratur, dan menggunakan obat-obat yang tersedia di pasaran.

Sedangkan, untuk menghilangkan hemorrhoid dilakukan dengan cara operasi. Operasi dapat dilakukan dengan berbagai cara tergantung kebutuhan dan kesepakatan antara dokter dan pasien. Jenis operasi hemorrhoid yang banyak dilakukan saat ini adalah skleroterapi, ligasi, hemorrhoidektomi, dan bedah beku.

Jadi, apa yang perlu saya lakukan jika saya mengalami hemorrhoid?

Tidak perlu khawatir, hemorrhoid bukan penyakit yang berbahaya, apalagi memalukan. Hemorrhoid dapat terjadi pada siapa saja dan kapan saja. Seperti yang telah diulas pada artikel ini, cobalah konsultasi ke dokter untuk segera mengatasi kondisi ini. Semoga artikel ini bermanfaat. :)

 

Tagged , ,

Share berita ini

dr. Mendy Candella

About dr. Mendy Candella

Dokter lulusan Universitas Padjadjaran. Sekarang aktif sebagai dokter, penulis, dan CEO PT. SPOTMED Group.

View all posts by dr. Mendy Candella →

Related Posts

Download free SPOTDOKTER APP!
Twitter @SPOTDOKTER
Newsletter

Aplikasi ponsel yg memberikan informasi tentang pelayanan dan artikel kesehatan terlengkap di Indonesia. Download di spotdokter.com/app