Spotdokter

Health Today

Asam Urat, Jangan Langsung Minum Obat Penurun Asam Urat

Asam urat

Memang sangat menyiksa ketika serangan asam urat atau yang biasa disebut gout arthritis dalam bahasa medis, datang menyerang kita. Rasa nyeri yang di alami akan membuat kita sulit berjalan dan selalu terasa nyeri ketika melakukan berbagai aktivitas. Ditambah dengan kadar asam urat yang tinggi saat pemeriksaan laboratorium, anda pasti terpikirkan untuk langsung meminum obat anti asam urat agar nyeri segera hilang dan kadar asam urat dalam darah kembali normal.

Tetapi sebaiknya jangan anda lakukan hal tersebut, karena pada saat serangan akut asam urat, sebagian besar asam urat yang ada di dalam tubuh kita semuanya terlokalisir di sendi yang terasa nyeri. Kristal-kristal urat yang tajam membuat sendi kita terasa nyeri dan menyebabkan tanda-tanda peradangan seperti bengkak, merah dan terasa hangat. Pada keadaan ini, jika kita meminum obat anti asam urat dengan untuk menurunkan kadar asam urat dalam darah tidak akan efektif, malah bisa mencetuskan serangan kembali. Berikut adalah langkah yang harus kita tempuh saat terkena serangan asam urat:

Immobilitas sendi
Jangan biarkan sendi anda yang terkena asam urat sering digerakan, karena semakin anda sering bergerak, Kristal-kristal urat akan semakin mencederai jaringan sendi anda.

Kompres atau rendam dengan air hangat
Mengompres atau merendam bagian yg terserang asam urat dengan air hangat akan melebarkan pembuluh darah disekitarnya. Hal ini akan mempermudah Kristal-kristal urat untuk mesuk ke pembuluh darah dan meninggalkan sendi.

Pemberian NSAID
Pemberian Non Steroid Anti Inflamatory Drugs (NSAID) akan mengurangi rasa nyeri dan mengurangi peradangan di daerah sendi yang terkena. Akan tetapi kita harus waspada terhadap efek samping dari NSAID yaitu bisa memicu luka pada lambung. Sehingga pemberiannya tidak dianjurkan untuk jangka panjang.

Pemberian anti asam urat
Obat-obat anti asam urat bisa diberikan setelah serangan akut berakhir dan tanda-tanda peradangan seperti bengkak, merah dan nyeri sudah hilang.

Diet rendah asam urat dan jaga berat badan ideal
Hentikan konsumsi makanan tinggi purin seperti melinjo, emping, alkohol dan seafood. Serta rajin berolahraga dan menjaga berat badan agar memperkecil resiko terkena serangan gout arthtritis.

Tagged , , ,

Share berita ini

About dr. Sidharta Krisna

You can set author biographical information inside WordPress Users > Your Profile > About Yourself section. Once you fill this information, the author profile will be available for display on theme. You can also associate your email address with Gravatar, so that your avatar appears here.

View all posts by dr. Sidharta Krisna →

Related Posts

Download free SPOTDOKTER APP!
Twitter @SPOTDOKTER
Newsletter

Aplikasi ponsel yg memberikan informasi tentang pelayanan dan artikel kesehatan terlengkap di Indonesia. Download di spotdokter.com/app