Spotdokter

Health Today

Mengatasi Kejang Demam pada Anak

kejang demam

Kejang demam adalah penyakit yang sering dijumpai pada anak dan merupakan gangguan kejang tersering pada anak. Kejang demam atau yang sering pula disebut dengan step merupakan suatu keadaan dimana terjadi kejang dengan disertai demam lebih dari 38C dan bukan disebabkan oleh kelainan otak. Faktor penyebab kejang demam antara lain adalah derajat demam, umur, dan genetik.

Kejang demam dapat dibedakan menjadi 2, yaitu kejang demam sederhana dan kejang demam kompleks. Kejang demam sederhana adalah kejang kurang dari 15 menit, tidak berulang, dan kejangnya mengenai seluruh tubuh (kelojotan). Kejang demam sederhana merupakan bentuk yang paling sering ditemukan dan memiliki risiko komplikasi yang rendah. Sedangkan kejang demam kompleks adalah kejang lebih dari 15 menit, yang dapat berulang dalam 24 jam, dan kejangnya hanya mengenai satu atau beberapa bagian tubuh.

Pada umumnya kejang demam adalah penyakit yang tidak membahayakan dan memiliki risiko kompllikasi yang rendah. Beberapa komplikasi yang mungkin terjadi antara lain adalah kejang demam berulang, epilepsi, penurunan IQ, dan gangguan neurologis,

Pengobatan kejang demam adalah dengan pemberian obat diazepam lewat anus dengan dosis yang sesuai berat badan, 5mg untuk berat badan kurang dari 10 kg dan 10mg untuk berat badan lebih dari 10 kg. Pemberian obat penghilang demam juga dapat membantu mengurangi risiko terjadinya kejang demam, obat yang sering dipakai antara lain adalah parasetamol dan ibuprofen.

Apabila terjadi kejang demam, berikut adalah tips yang harus dikerjakan untuk penanganan awal :

  1. Jangan panik
  2. Buka pakaian anak
  3. Posisikan terlentang dengan kepala miring
  4. Bersihkan muntahan dan lendir dari mulut dan hidung
  5. Ukur suhu dan hitung berapa lama kejangnya
  6. Berikan diazepam pada saat kejang (tidak perlu apabila sudah berhenti)
  7. Bawa ke pelayanan kesehatan terdekat.

Kejang demam pastinya akan membawa ketakutan bagi orang tua, namun jangan panik, kejang demam dapat segera diatasi dan jarang menimbulkan masalah kedepannya.

Tagged , , , ,

Share berita ini

dr. Mendy Candella

About dr. Mendy Candella

Dokter lulusan Universitas Padjadjaran. Sekarang aktif sebagai dokter, penulis, dan CEO PT. SPOTMED Group.

View all posts by dr. Mendy Candella →

Related Posts

Download free SPOTDOKTER APP!
Twitter @SPOTDOKTER
Newsletter

Aplikasi ponsel yg memberikan informasi tentang pelayanan dan artikel kesehatan terlengkap di Indonesia. Download di spotdokter.com/app