Spotdokter

Health Today

Apa itu Alergi?

alergi

Alergi adalah suatu reaksi yang berlebihan dari sistem pertahanan alami tubuh yang membantu melawan infeksi. Sistem kekebalan tubuh biasanya melindungi tubuh dari virus dan bakteri dengan memproduksi antibodi untuk melawan mereka. Namun dalam reaksi alergi, sistem kekebalan tubuh mulai melawan zat-zat yang biasanya tidak berbahaya. Reaksi yang berlebihan ini dapat menyebabkan ruam, mata gatal, pilek, kesulitan bernapas, mual, dan diare.

Reaksi alergi mungkin tidak terjadi pertama kalinya pada saat anda terkena alergen atau zat yang dapat menimbulkan alergi. Sebagai contoh, pertama kali anda disengat lebah, anda mungkin memiliki hanya rasa sakit dan kemerahan dari sengatannya, namun jika anda tersengat lagi, anda mungkin akan mengalami gatal-gatal bahkan sulit bernapas. Hal ini disebabkan oleh respon sistem kekebalan tubuh dan disebut sebagai sensitisasi.Sebagian besar orang akan memiliki beberapa masalah dengan alergi pada beberapa titik kehidupan mereka. Reaksi alergi dapat berkisar dari ringan sampai berat, bahkan sampai mengancam jiwa. Kebanyakan reaksi alergi yang terjadi adalah ringan dan dapat diredakan dengan menggunakan obat yang dapat dibeli secara bebas. Reaksi alergi yang lebih serius dapat terjadi ketika reaksi alergi parah (anafilaksis) terjadi, ketika alergi menyebabkan masalah lain (seperti mimisan, masalah telinga, mengi, atau batuk), atau ketika perawatan di rumah tidak membantu.

Ada bermacam-macam jenis alergi, berikut ini adalah beberapa jenis alergi yang sering terjadi:

  1. Alergi makanan
  2. Alergi obat
  3. Alergi racun serangga
  4. Alergi hewan
  5. Alergi lateks
  6. Alergi zat kimia tertentu
  7. Alergi musiman
Untuk memeriksa apakah anda memiliki alergi terhadap suatu zat, dapat dilakukan uji sensitivitas di pelayanan kesehatan seperti puskesmas atau rumah sakit. Pemeriksaan dilakukan dengan menyuntikkan alergen pada kulit anda dan akan muncul kemerahan dan rasa gatal jika anda memiliki alergi terhadap zat itu.
Terapi alergi yang paling ampuh adalah dengan menghindari alergen tersebut. Sekarang ini telah banyak terapi medis yang dapat dilakukan untuk mengurangi alergi, namun dengan ongkos yang tidaklah murah.

Tagged , , , , , , , , ,

Share berita ini

dr. Mendy Candella

About dr. Mendy Candella

Dokter lulusan Universitas Padjadjaran. Sekarang aktif sebagai dokter, penulis, dan CEO PT. SPOTMED Group.

View all posts by dr. Mendy Candella →

Related Posts

Download free SPOTDOKTER APP!
Twitter @SPOTDOKTER
Newsletter

Aplikasi ponsel yg memberikan informasi tentang pelayanan dan artikel kesehatan terlengkap di Indonesia. Download di spotdokter.com/app