Spotdokter

Health Today

3 Obat Anti Depresi yang Berasal dari Diri Anda Sendiri

3 obat depresi dari diri sendiri

Depresi merupakan gangguan paling umum yang dialami oleh beberapa orang dengan gangguan kesehatan kronis (dalam jangka waktu yang lama) maupun dengan gangguan kesehatan yang cukup parah. Depresi tidak patut dianggap remeh dan dikesampingkan keberadaannya karena sesungguhnya kondisi kejiwaan seseorang amatlah berpengaruh terhadap proses penyembuhan penyakitnya.

Banyak dokter yang mungkin akan memberikan Anda obat anti depresi dengan mudahnya, namun 1 hal yang harus anda ketahui, bahwa depresi sesungguhnya berasal dari diri kita sendiri, dan sudah seharusnya bahwa tubuh kita memiliki obat ampuh terhadap gangguan kejiwaan yang menyebalkan ini.

1. Berpikir realistis.

Seringkali pola pikir manusia lah yang mengarahkan emosi apa yang akan terlibat dalam menghadapi suatu situasi. Pasien-pasien yang memiliki kecenderungan depresi kerap kali berpikir tentang segala bentuk situasi yang menimpanya sebagai sebuah kesalahan, dan ia akan menghabiskan waktunya mencari sosok untuk disalahkan. Realistic thinking akan menghilangkan bentuk-bentuk emosi yang mempengaruhi keputusan seseorang, khususnya dapat menghilangkan perasaan menyalahkan diri sendiri, orang lain maupun lingkungan sekitar dengan berpikir bahwa kejadian yang sudah terjadi biarlah terjadi, dan sekarang adalah saatnya untuk merancang segala bentuk kejadian yang belum terjadi dan merubah fokus pikir mereka ke masa depan, merubah tujuan mereka untuk masa depan yang lebih baik, sudah tidak ada gunanya lagi meratapi segala kondisi negatif sekarang dan mulailah melihat sisi positifnya. (berhenti menyalahkan orang lain, berpikir realistislah bahwa dengan terus menyalahkan keadaan, tidak akan merubah apapun menjadi lebih baik)

2. Kenali masalah anda.

Dengan bisa mengidentifikasi dengan baik permasalahan dalam hidup Anda, akan menjadi lebih mudah bagi Anda untuk menyelesaikan satu persatu masalah tersebut. Seiring dengan berkurangnya masalah anda, anda akan merasa lebih baik akan hidup anda dan hal ini akan membantu anda merasa lebih bahagia perlahan-lahan. Fokuslah pada satu masalah dalam satu waktu, dan selesaikan masalah itu terlebih dahulu baru merubah fokus ke masalah lain, jika fokus anda terpecah pada beberapa masalah yang anda hadapi, diri anda akan cenderung merasa bahwa anda memilik begitu banyak masalah dan merasa lebih terbebani.

3. Sesuaikan tujuan anda.

Beberapa gangguan depresi dapat timbul akibat seseorang merasa gagal dalam tujuan mereka. Berusahalah untuk mengevaluasi lagi kegagalan anda. Buatlah beberapa tujuan yang lebih bisa dicapai, dan capailah tujuan-tujuan kecil tersebut satu persatu. Berhasil mencapai tujuan-tujuan anda setiap harinya akan meningkatkan suasana hati anda dan membantu anda lepas dari gangguan depresi jauh lebih cepat dibanding dengan mereka yang tidak memiliki tujuan dalam kegiatan sehari-harinya.

Depresi adalah hal yang wajar terjadi pada setiap orang. Beberapa hal sederhana di atas dapat membantu anda mengatasi depresi. Namun apabila depresi anda berlanjut, menghubungi dokter anda adalah pilihan yang terbaik. Dokter anda akan membantu anda mengatasi gangguan depresi anda secara medis.

 

Tagged , , , ,

Share berita ini

About dr. K. S. Denta

You can set author biographical information inside WordPress Users > Your Profile > About Yourself section. Once you fill this information, the author profile will be available for display on theme. You can also associate your email address with Gravatar, so that your avatar appears here.

View all posts by dr. K. S. Denta →

Related Posts

Download free SPOTDOKTER APP!
Twitter @SPOTDOKTER
Newsletter

Aplikasi ponsel yg memberikan informasi tentang pelayanan dan artikel kesehatan terlengkap di Indonesia. Download di spotdokter.com/app