Spotdokter

Health Today

Tetap Fit Selama Bulan Puasa

tetap fit selama bulan puasa

Bulan puasa sebentar lagi, saatnya bagi yang menjalankan puasa untuk menabung kebaikan dan pahala. Namun bulan puasa bukan berarti badan yang lemah dan tidak fit. Bulan puasa tidak berarti anda juga berpuasa untuk berolahraga. Tubuh secara alami tetap membutuhkan olah raga walaupun sedang berpuasa. Namun permasalahannya adalah bagaimana mengatur olahraga pada saat puasa? karena olahraga yang salah pada bulan puasa justru dapat menurunkan kondisi tubuh anda. Berikut adalah beberapa tips yang dapat membantu anda untuk tetap fit selama bulan puasa:

  1. Untuk mempersiapkan tubuh anda menjalani hari dengan berpuasa, makanlah makanan tinggi serat dan nutrisi, seperti nasi merah, roti gandum atau oatmeal, disertai dengan buah sebagai cemilan dan hindari makanan berlemak saat sahur.
  2. Minum cukup air putih, yaitu 3 gelas saat sahur.
  3. Mulailah dengan olahraga intensitas ringan di pagi hari setelah sahur, misalnya jalan cepat dan bersepeda.
  4. Pada sore hari sebelum  berbuka, anda dapat melakukan olahraga yang lebih berat, misalnya lari, sepak bola, atau basket.
  5. Bagi anda yang ingin menjaga bentuk badan dan kekuatan otot, anda dapat melakukan fitness di gym pada sore hari.
  6. Jangan lupa melakukan pemanasan dan stretching sebelum berolahraga dan diakhiri dengan pendinginan.
  7. Olahraga lebih menyenangkan apabila dilakukan bersama kerabat dan teman, sehingga tidak terasa lebih berat.
  8. Perhatikan kesehatan anda, sebaiknya olahraga intensitas sedang-berat tidak dilakukan saat kondisi badan tidak optimal dan lebih baik berkonsultasi dahulu dengan dokter.
  9. Berbukalah dengan yang manis, lalu dilanjutkan dengan makan besar, dan sebaiknya sebelum tidur jangn lupa mengkonsumsi buah-buahan terlebih dahulu.

Menjalankan puasa dengan tubuh segar dan fit tentunya akan sangat menyenangkan. Tips di atas diharapkan dapat membantu anda menjaga kesehatan selama bulan puasa. Selamat menjalankan ibadah puasa.

Tagged , , , , , , , , ,

Share berita ini

dr. Mendy Candella

About dr. Mendy Candella

Dokter lulusan Universitas Padjadjaran. Sekarang aktif sebagai dokter, penulis, dan CEO PT. SPOTMED Group.

View all posts by dr. Mendy Candella →

Related Posts

Download free SPOTDOKTER APP!
Twitter @SPOTDOKTER
Newsletter

Aplikasi ponsel yg memberikan informasi tentang pelayanan dan artikel kesehatan terlengkap di Indonesia. Download di spotdokter.com/app